SEJARAH FOKMIM


SEJARAH TERBENTUKNYA FOKMIM

(FORUM KOMUNIKASI MAHASISWA ISLAM MAUMERE)

1. TAHUN 2002 – 2003

Ide dan gagasan tentang munculnya sebuah organisasi daerah berbasiskan mahasiswa maumere khususnya mahasiswa Islam ini bermula dengan keberadaan sosok kakanda-kakanda kita yang notaben sedang malaksanakan study di Makassar. Pada masa itu, mereka sering berkumpul dan membicarakan tentang issue-issue kedaerahan khususnya daerah Flores-Maumere. Perintis Kemerdekaan IV adalah nama jalan di kota Makassar yang merupakan basis tempat berkumpulnya mereka, tepatnya di Pondok Rocky (Sekarang Pondok Putri) kamar 6 Lt.1. Tempat itulah yang kemudian menjadi saksi sejarah lahirnya gagasan pembentukkan suatu wadah kedaerahan dalam hal ini Organisasi Mahasiswa Islam Maumere. Ketika itu semakin intensiflah pertemuan-pertemuan diantara mereka untuk merealisasikan gagasan tersebut. Akhirnya setelah melalui diskusi yang panjang, disepakatilah sebuah nama untuk organisasi tersebut, yaitu Himpunan Mahasiswa Islam Flores-Maumere (HIMIFLOR). Mereka-mereka tersebut adalah :

  • Muhammad Harun [Mahasiswa Fak. Sastra, Universitas Muslim Indonesia (UMI-Makassar)]
  • Muhammad Syahrul [Mahasiswa Fak. Ekonomi, POLTEK-UNHAS–Makassar]
  • Sultan Takdir Alwatani [Mahasiswa Fak. Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia  (UMI–Makassar)]
  • Adhie Patangari [Mahasiswa Teknik Informatika Komputer, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK Handayani-Makassar)]
  • Muhammad Hasri [Mahasiswa Manajemen Informatika Komputer, Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK Profesional-Makassar)]

Merekalah yang merupakan penggagas dan penggerak hadirnya HIMIFLOR dan Sesuai kesepakatan hasil rapat pada waktu itu, penyusunan AD/ART dipercayakan kepada Muhammad Syahrul [Mahasiswa Fak. Ekonomi, POLTEK-UNHAS–Makassar]. Setelah itu mereka kemudian mengagendakan untuk mengidentifikasi dan mendata mahasiswa-mahasiswa Islam lainnya dari maumere yang menempuh study (kuliah) di Makassar sekaligus mensosialisasikan gagasan tersebut. Agenda itu kemudian dijalankan dan berhasil mengidentifikasi beberapa mahasiswa Islam dari Maumere, diantaranya adalah :

kanda Jarwo (Univ.45), kanda Irma (UMI), kanda Ratna (Anakes), kanda Ipul (STMIK-Dipanegara), kanda Ibrahim (UIN),  kanda Ipul (Univ.45), dan bebarapa orang lainnya.

Mereka merespon dengan baik gagasan tersebut, tetapi sayangnya karena jarak tempat tinggal mereka yang terpisah-pisah dan cukup jauh serta keterbatasan transportasi (kendaraan pribadi) dan masih minimnya kesadaran juga animo berorganisasi mahasiswa kita saat itu, akhirnya mereka tidak sempat duduk bersama (rapat) untuk berdiskusi dan menindaklanjuti gagasan itu. Dan akhirnya gagasan itu hanya menjadi sekedar wacana dan belum bisa terealisasi pada periode ini.

2. TAHUN 2004 – 2005

Di tahun ini gagasan yang sama untuk merealisasikan hadirnya wadah organisasi mahasiswa Islam Maumere kemudian muncul lagi. Dimana saat itu Kakanda Adhie, Kakanda Harun, Kakanda Hasri, Kakanda Chaliq dan Kakanda Akbar berkumpul di Jl. Manggala 1 No. 16 Blok 7 Perumnas Antang Makassar, yang juga tempat ini merupakan rumah dari Kakanda Harun. Semangat untuk menghadirkan HIMIFLOR ini kemudian membawa mereka dalam diskusi kecil. Dengan ditemani sebungkus Sampoerna dan Black Coffee, akhirnya muncul ide-ide untuk merubah nama HIMIFLOR. Masing-masing kemudian memberi usulan nama pengganti, diantara nama-nama itu adalah : Himpunan Mahasiswa Islam Maumere (HIPMIM – usulan dari kanda Adhie), Himpunan Mahasiswa Muslim Maumere (HIMMIM – Usulan dari kanda Hasri), Forum Komunikasi Mahasiswa Islam Maumere (FORKMIM – Usulan dari kanda Harun). Tetapi dari nama-nama tersebut disepakatilah FORKMIM yang tepat untuk nama organisasi tersebut. Dan kanda Harun dipercayakan untuk menyusun Draft AD/ART dari FORKMIM. Tetapi pada periode ini gagasan mulia ini belum juga dapat terealisasikan. Dengan alasan yang klasik seperti halnya pada periode pertama.

3. TAHUN 2006

Pada tahun ini Wacana pembentukan Organda Maumere kembali lagi disuarakan oleh Kakanda Harun dan kakanda Hasri. Mereka berdua lah yang kemudian berperan aktif sebagai motor penggerak pada periode ini dengan mendata dan mensosialisasikan kembali pembentukkan organisasi mahasiswa Islam Maumere di beberapa kampus. Follow Up dari pengidentifikasian tersebut, akhirnya dibuatlah agenda yang lebih intens untuk mengadakan pertemuan dan akhirnya terlaksanalah beberapa kali pertemuan yang kebetulan pada waktu itu bertepatan dengan bulan Romadhan 1425 H, yakni :

Pertemuan 1

  • Bulan Ramadhan 1425 Hijriyah, Minggu kedua sekitar bulan November 2006 di Jl. Poros Urip Sumoharjo-Makassar, tepatnya di mesjid 45 Makassar.
  • Ketika itu, hadir sekitar ± 10 orang mahasiswa Islam dari beberapa kampus di Makassar. Diantaranya ; Akbar Hadi (UMI-Makassar), Muhammad Syahril (UIN-Makassar), Dude (UIN-Makassar), Mukhlis (STIMIK-Dipanegara), Sukarno (UNHAS) dan beberapa orang lainnya.
  • Agenda Pertemuan adalah : Menyatukan persepsi dan Mendata / mensosialisasikan kembali gagasan pembentukan Organda Mahasiswa Islam Maumere di Makassar.

Pertemuan 2

  • Bulan Ramadhan 1425 Hijriyah, Minggu ketiga sekitar bulan November 2006 Jl. Poros Urip Sumoharjo-Makassar, Mesjid 45 Makassar.
  • Jumlah yang hadir ± 15 orang
  • Agenda Pertemuan adalah : Mengumpulkan hasil pendataan jumlah mahasiswa islam maumere yang ada di makassar dan mensosialisasikan organda tersebut.

Pertemuan 3

  • Bulan Ramadhan 1425 Hijriyah, Minggu keempat tepatnya sekitar bulan November 2006 Jl. Poros Urip Sumoharjo-Makassar, Mesjid 45 Makassar.
  • Jumlah yang hadir ± 10 orang
  • Agenda dari pertemuan ini adalah : Penentuan Nama dan Persiapan Deklarasi / Mubes.

Namun dikarenakan satu dan lain hal pertemuan ini tidak dapat berlangsung melainkan hanya cerita-cerita lepas dengan beberapa mahasiswa yang sempat hadir. Dan ini pula merupakan pertemuan terakhir di tahun ini dikarenakan kurangnya komunikasi serta animo berorganisasi mahasiswa maumere yang memang masih kurang. Belum lagi ketika itu kanda Harun yang merupakan salah satu penggagas pembentukan organda maumere dan pertemuan ini sedang sibuk menyusun proposal / skripsinya dan beberapa penggagas lainnya sedang kembali ke maumere (Liburan Lebaran). Akhirnya pembentukan Organda ini pun belum juga dapat terealisasi di periode ini.

4. TAHUN 2008 – 2009

Sekitar akhir tahun 2008 wacana pembentukan organda kembali lagi terdengar. Saat itu Muh. Syahril, tanpa sengaja bertemu kakanda Harun di pelabuhan makassar, pertemuan itu lalu menghasilkan diskusi kecil dan Muh. Syahril kemudian menyinggung kembali tentang wacana pembentukan organda maumere. Kanda Harun pun yang saat itu tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa dan telah berprofesi sebagai Guru, merespon positif hal itu. Selang beberapa hari setelah pertemuan di pelabuhan itu, Syahril pun bersilaturrahmi ke rumah kanda Harun. Mahasiswa UIN-Makassar ini kemudian berdikusi lepas dengan kakanda-nya tentang bagaimana dengan organda yang telah digagas itu untuk betul-betul dibentuk, bukan hanya sekedar menjadi wacana lagi. Ternyata dengan sentuhan Soempurna dan Black Coffee membuat semangat mereka menjadi cukup berapi-api dalam diskusi kecil itu. Maka kanda Harun pun memberi masukan untuk segera mendata kembali mahasiswa maumere yang ada di makassar lalu segera melakukan rapat persiapan pembentukan dan rentang waktunya pun jangan terlalu lama sehingga semangat berorganisasi dan membentuk organda tidak padam. Kemudian lahirlah Panitia Persiapan Deklarasi FOKMIM. Oleh Panitia Persiapan nama FORKMIM yang pada periode sebelumnya telah disepakati, kemudian direvisi lagi menjadi FOKMIM. Disinilah peran Panitia Persiapan yang kemudian siap untuk mendeklarasikan FOKMIM. Alhasil tanggal 10 Januari 2009 di Tanjung Bayang-Makassar, tepatnya di Vila Tersanjung, FOKMIM berhasil dideklarasikan.

…………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s