What’s going on with Hacker ?


Sebelumnya teman-teman pasti sudah sering mendengar sebutan Hacker, tapi apakah teman-teman semua tahu apa sich pengertian hacker itu sendiri?.Istilah Hacker dianggap berkaitan erta dengan pengertian berikut mengacu pada seseorang yang punya minat terhadap komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasny. ”I am a Hacker, enter my world. The Conscience of Hacker, The Mentor”. Dalam beberapa tahun ini terminologi hacking memang menjulang. Buku yang ”tipis”, ”instan” dan menggunakan judul ”hacking” menjadi syarat baru penulisan buku-buku pupuler di Indonesia. Ini adalah permainan berbahaya dari para penerbit (yang diamani penulis) karena kerusakannya bisa sampai ke generasi muda kita. Membuat semakin kentalnya budaya bahwa ilmu pengetahuan bisa didapat dengan cara cepat, instan, bahkan cukup modal buku setebal 20-50 halaman. Yang pasti hacker bukanlah cracker, hacker membangun sesuatu sedangkan cracker merusak. Mari kita kupas tentang hakekat hacker dan hacking activities ini.

Sebagian besar literatur menyebut bahwa istilah dan budaya hacker pertama kali digunakan pada tahun 1961 ketika MIT mendapat kesempatan menikmati mesin PDP-1. Komputer pertama produksi DEC ini menjadi mainan favorit mahasiswa MIT khususnya yang bergabung di Tech Model Railroad Club. Mereka membuat alat-alat pemrograman, membuat banyak program, mengembangkan etika, jargon dan bahkan ngoprek PDP-1 sehingga menjadi mesin video-game generasi awal. Budaya inilah yang kemudian terkenal menjadi budaya hacker yang sebenarnya. Para hacker di Tech Model Railroad Club menjadi tim inti laboratorium penelitian AI di dunia sampai saat ini.

Projecect ARPA net yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika tak lepas dari campur tangan para hacker MIT ini. ARPAnet lah yang menyatukan budaya hacker dari berbagai ”suku”, misalnya dari Standford University dan Cernegie Mellon University (CMU). Para hacker MIT bahkan akhirnya berhasil mengembangkan sistem operasi sendiri bernama TOPS-10 sistem operasi standard yang diproduksi oleh DEC untuk PDP-10. ITS awalnya dibangun dengan asembler, tapi kemudian diubah ke dalam bahasa LISP, bahasa pemrograman functional yang dekat dengan dunia Artificial Intelligence.

Kreasi lain dari para hacker MIT yang cukup legendaris adalah Emacs (karya Richard Stallman), editor favorit yang tetap dipakai oleh banyak programmer mesin unix sampai saat ini. Selain para hacker dari MIT, para hacker Standford University dan CMU juga tidak mau kalah, mereka bahkan berhasil mengembangkan apklikasi bersekala besar berupa expert system dan robot industri. Hacker dari Bell Labs bernama Ken Thomson yang dibantu oleh hacker lain bernama Dennis Ritchie dengan bahasa C-nya mengembangkan sistem operasi Unix. Kolaborasi Thomson dan Ritchie adalh kekuatan yang sangat fenomenal, karena mesin Unix dan bahasa C adalah formula manjur pengembangan sistem operasi Unix dari varian manapun sampai saat ini (BSD maupun System V dimana Linux termasuk didalamnya). Perlu dicatat juga bahwa pada tahun 1982, para hacker dari Stanford dan Berkeley yang memimpin William (Bill) Joy mendirikan satu perusahaan bernama Sun Microsystem.

Pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasal nya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Hacker sebenarnya adalah seperti Richard Stallman yang berjuang dengan Free Software Foundation dan puluhan tahun bermimpi membaungun sistem operasi bebas bernama HURD. Linux Torvald juga seorang hacker sejati karena tetap komitmen dengan mengembangkan Linux dan software open source lain juga adalah para hacker-hacler sejati.

Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapatkan kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini ’Cracker’ dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati tidak setuju dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker.

Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran inforamsi dari teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking.

Para Hacker sejati sebetulnya memiliki kode etik yang pada walnya diformulasikan dalam buku karya Steven Levy berjudul Hacker: Heroes of The Computer Revolution, pada tahun 1984,

Kode etik hacker tersebut, yang kerap dianut oleh para hacker, adalah:

1. Akses ke sebuah sistem komputer, dan apapun saja dapat mengajarkan mengenai bagaimana dunia bekerja, haruslah tidak terbatas sama sekali
2. Segala informasi haruslah gratis
3. Jangan percaya pada otoritas, promosikanlah desentralisasi
4. Hacker haruslah dinilai dari sudut pandang aktifitas hackingnya, bukan berdasarkan standar organisasi formal atau kriteria yang tidak relevan seperti derajat, usia, suku maupun posisi
5. Seseorang dapat menciptakan karya seni dan keindahan di komputer
6. Komputer dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Dan ternyata Hacker juga mempunyai tingkatan-tingkatan, tiap tingkatan di bedakan dengan kemampuan dan ilmu yang dimiliki sang hacker :

1. Elite

Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.

2. Semi Elite

Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.

3. Developed Kiddie

Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

4. Script Kiddie

Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

5. Lammer

Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

Sebagai buktinya Hacker/Peretas itu menjadi 2 macam:

1. White Hat Hacker(baik)

Merupakan hacker yang ilmu dan keahliannya di gunakan untuk kepentingan umum/orang banyak dengan tujuan kebaikan. Yang ini bener-bener hacker yang patut diancungin jempol buat sumbangsihnya dan kepandaiannya yang salurin ke arah positif, Dan dibawah ini merupakan 5 orang White Hat Hacker terbaik di dunia :

>. Stephen Wozniak
adalah seorang mekanik komputer yang jempolan di USA, doi merupakan co-founder(penemu juga sich) dari Apple Computer bersama
Steve Jobs (CEO-nya Apple.Inc).

>. Tim Berners-Lee
Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.
Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.
Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.
Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

>. Linus Torvalds
Linus Benedict Torvalds (lahir 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.
Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Setiap publikasi, pidato, email dab press releasenya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus menyempatkan diri bersepeda menuruni bukit dan minum di bar desa.

>. Richard Stallman
ialah pendiri gerakan perangkat lunak bebas, proyek GNU, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas. Ia juga seorang peretas terkenal. Ialah yang mengerjakan GNU Emacs, GNU C Compiler, dan GNU Debugger. Stallman juga yang menulis GNU General Public License (GNU GPL atau GPL), lisensi perangkat lunak bebas yang terbanyak dipakai, dan memberi ilham konsep copyleft.
sampe saat ini dia masih mempromosikan free software (kampanye software gratis).

>. Tsutomu Shimomura
adalah ilmuwan dan ahli keamanan komputer Jepang-Amerika Serikat yang berbasis di Amerika Serikat, yang terkenal setelah ia bersama jurnalis komputer John Markoff mendeteksi dan membantu FBI menangkap hacker bandel bernama Kevin Mitnick salah satu dari 5 black hat terbaik dunia.
pas nangkep Mitnick doi ngeluarin cellphone AT&T dengan menggunakan frequensi sinyal telephone genggam dan peralatan lainnya yang dibutuhin, doi duduk dan mulai ngelacak keberadaan Mitnick, sementara FBI terdiam melihat pekerjaannya, dan mendengarkan setiap saran yang keluar dari mulutnya. walhasil Mitnick ketangkep deh..

2. BLACK HAT HACKER (Iseng/usil/jahat)

Adalah HACKER / PERETAS yang pekerjaannya hanya mengusili/ mengisengi/menjahati para pengguna perangkat komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak dan juga mengacak-acak sistem keamanan perangkat komputer tersebut. Nah mungkin jenis HACKER seperti ini yang patut di waspadai bukan ditakuti (kan ada white hat hacker) sebagai penangkalnya.

Berikut ini adalah 5 orang BLACK HAT HACKER, 5 orang dibawah ini merupakan top 5 black hat hacker ato lebih dikenal dengan hacker yang bandel, jail, dan nakal!! tapi jangan diraguin lagi kemampuan mereka!!

>.Jonathan James
sapa sich ni orang…?okay, James adalah orang amerika, saat baru umur 16 taun dia dikirm ke penjara karena kelakuannya didunia maya.Situs departemen pertahanan Amerika dibobol sama si James dan dia cuma bilang itu tantangan bagi dia dan merupakan satu kesenangan tersendiri..wah gila juga ni orang;;
NASA juga kena keisengan dia, James mencuri software NASA ang diperkirakan seharga $1.7 juta dollar AS. sampe2 NASA dipaksa untuk mematikan server dan sistemnya!!!
karena kelakuannya juga dia tidak boleh megang komputer selama 10 tahun..kasian ya…..
tapi sekarang dia sudah dijalan yang bener dan bikin sebuah perusahaan keamanan dibidang komputer..mantab!!

>. Adrian Lamo
dia membobol New York Times buat mendapatkan info personal dan beberapa security number dan membobol Microsoft (busyet gak tanggung2 dah). Dia akhirnya didenda $65.000 dollar US,
saat ini dia jadi pembicara dibeberapa acara seminar!! bravo dach!!

>. Kevin Mitnick

Kita baca kelakuannya…
* menggunakan Los Angeles bus transfer system buat mendapatkan tumpangan gatis
* Mengelabui FBI
* Hacking kedalam DEC system(Digital Equipment Corporation)
* mendapatkan administrator positon dalam satu komputer IBM biar menang judi, karena adminnya yang punya laptop IBM tersebut.
* Hacking Motorola, NEC, Nokia, Sun Microsystems dan Fujitsu Siemens systems dan masih banyak lagi kelakuan dia yang luar binasa
seorang white hat hacker pun yang bernama Tsutomu Shimomura pun (ahli juga doi dan merupakan top 5 white hat hacker), di hack komputer systemnya, dan terjadilah perang luar biasa..
dia ketangkep dan kelacak oleh FBI dengan bantuan Tsutomu Shimomura yang ngelacak (tracking) lewat jaringan HP’ yang dibawa sama Mitnick saat itu..
tapi sekarang dia sudah tobat dan menjadi seorang penulis buku, konsultan security, dan pembicara.

>. Kevin Poulsen
juga dikenal dengan Dark Dante, dia ngehack database FBI (galak niy orang)
selain itu dia juga ngehack seluruh lines phone station. karena memang kemahiran dia ngehack lewat phone lines.
saat ini, dia jadi senior editor di Wired News, dan berhasil mengengkap 744 penawaran sex melalui profiles Myspace..!!

>. Robert Tappan Moris
niy orang adalah orang yang pertama kali bikin Worm, yang dinamain Morris Worm (narsis ni orang)
melalui internet dia menyebarkan wormnya yang mengakibatkan sekitar 6000 komputer jadi down..!!!
dia akhirnya dipenjarakan rumah selama 3 tahun dan didenda sebesar $10.500 dollars
sekarang dia kerja sebagai professor di sebuah MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory!!

Nah sekarang udah pada tahu kan sedikitnya tentang hacker, seorang hacker sejati adalah hacker yang tidak menggunakan kemempuan atau kelebihan yang telah diberikan Sang-Khalik untuknya untuk tidak menggunakan kemampuan kriminal yang merugikan orang lain. Kebebasan itu indah, tapi ingat kebebasan anda adalah kebebasan orang lain juga. Bersiaplah untuk menarik diri jika anda mulai merasa cukup egois. Dan Marilah kita bersama-sama berjuang supaya menjadi hacker sejati yang bisa memberi manfaar dan yang bisa memperbaiki republik ini dari keterpurukan. Jangan merasa kecewa jika dunia tidak mengenal anda, tapi kecewalah jika anda tidak mengenal dunia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s